Pemkab Situbondo Gandeng Universitas Muhammadiyah Jember Kembangkan Sektor Pariwisata

Home / Berita / Pemkab Situbondo Gandeng Universitas Muhammadiyah Jember Kembangkan Sektor Pariwisata
Pemkab Situbondo Gandeng Universitas Muhammadiyah Jember Kembangkan Sektor Pariwisata Bupati Situbondo Dadang Wigiarto saat mengisi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Jember sebelum penandatanganan MoU pengembangan sektor pariwisata, Selasa (8/5/2108). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESSUMSEL, JEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, Jawa Timur menggandeng Universitas Muhammadiyah Jember untuk mengembangkan sektor pariwisata Situbondo yang saat ini membutuhkan dukungan banyak pihak, termasuk akademisi.

Hal tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Rektor Universitas Muhammadiyah Jember Mohammad Hasmi, di Aula Zainuri, Universitas Muhammadiyah Jember, Selasa (8/5/2018).

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengatakan bahwa penandatanganan MoU tersebut tidak terlepas dari keputusan dirinya dalam menempatkan pembangunan di sektor pariwisata sebagai skala prioritas pembangunan di Situbondo.

Menurutnya, majunya sektor pariwisata suatu daerah akan berdampak positif bagi perkembangan sektor lainnya.

"Misal oleh-oleh khas Situbondo. Bagaimana kemasannya saat ini, saya pribadi masih belum puas. Kemudian bagaimana hotel, homestay, dan travel juga akan berdampak. Ini memerlukan keterlibatan dari para akademisi," kata Dadang kepada awak media usai melakukan penandatangan MoU tersebut.

Tidak hanya itu, bersama akademisi pihaknya yakin potensi pariwisata yang ada di wilayahnya yang selama ini masih terpendam, dapat muncul ke permukaan.

"Karena Situbondo dianugerahi tuhan (dengan keindahan alamnya, Red)," ujarnya.

Dia juga menambahkan, saat ini pihaknya tengah mengupayakan terbukanya akses menuju Situbondo dengan adanya jalan tol Trans Jawa.

"Jangan sampai keberadaan jalan tol tersebut mematikan sebuah kawasan," imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Mohammad Hasmi mengatakan pihaknya akan langsung membentuk tim kerja yang terdiri dari sejumlah akademisi lintas disiplin yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Jember.

Tim dari Universitas Muhammadiyah Jember tersebut akan berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Situbondokhususnya di sektor pariwisatanya. "Habis ini saya langsung ke Situbondo bertemu SKPD terkait. Langsung gerak. Ngapain kita gini-gini aja," tegasnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com