Ini Strategi Menhub Atasi Kemacetan Saat Mudik Lebaran 2018

Home / Berita / Ini Strategi Menhub Atasi Kemacetan Saat Mudik Lebaran 2018
Ini Strategi Menhub Atasi Kemacetan Saat Mudik Lebaran 2018 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (FOTO: Politik Today)

TIMESSUMSEL, JAKARTAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk mengurai kemacetan dan memberikan kenyamanan para pemudik yang akan menempuh arus mudik lebaran 2018 nanti, maka ada beberapa hal yang akan didorong.

Diantaranya yakni dengan menggiatkan moda transportasi udara dan menambah slot pesawat berbadan lebar.

"Mengoperasikan semua bandara itu sampai jam 24 malam," katanya saat mengisi sebuah diskusi bertajuk Transportation Review 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (08/05/2018).

Kemudian untuk transportasi laut, Kemenhub juga akan menyediakan mudik gratis bagi pengemudi dan sepeda motornya, khususnya bagi pemudik yang bertujuan ke wilayah Semarang, Jawa Tengah.

Tak hanya jalur laut dan jalur udara, Menhub juga menyarankan kepada pemudik yang menggunakan jalur darat untuk menggunakan Jalur Nasional.

"Yang di sampaikan pak wapres tadi, pikiran orang hanya dengan jalan tol itu tidak benar. Gunakanlah juga jalur nasional. Gunakan lah jalur selatan," katanya.

Selain itu, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan dan kemacetan, dia juga menyarankan kepada para pemudik yang membawa kendaraan pribadi untuk bisa mudik lebih awal.

"Kalo bisa jangan 2 atau 3 hari sebelum lebaran, Tetapi gunakanlah 5 hari 7 hari. Kan toh sudah dapet THR, Anak anak juga sudah libur duluan ya," katanya.

Tak hanya itu, dia juga menyarankan kepada pemudik, untuk lebih memilih angkutan umum ketimbang membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor ataupun mobil.

"Saya menganjurkan jangan naik motor ya. Naik lah bis. Naik lah kereta api, naik lah kapal," harapnya.(*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com