Selebgram Sherly Lembono Berbagi Tips Jadi Pejuang ASI 

Home / Gaya Hidup / Selebgram Sherly Lembono Berbagi Tips Jadi Pejuang ASI 
Selebgram Sherly Lembono Berbagi Tips Jadi Pejuang ASI  Sherly Lembono menunjukkan stok ASI hasil pumping di rumah, Jumat (31/7/2020).(Foto : Dok.Pribadi)

TIMESSUMSEL, SURABAYA – Selebgram sekaligus influencer Sherly Lembono kerap membagikan momen bersama buah hatinya di Instagram. Kelucuan sang putra Jason Miles Gamafu memang mengundang rasa gemes. 

Namun siapa sangka jika di tengah kesibukan, Sherly masih sempat memberikan asupan Air Susu Ibu (ASI) pada bocah kecil tersebut. Hebatnya lagi, kelebihan ASI ia berikan ke pondok sehat bagi anak-anak yang membutuhkan.

Selebgram Surabaya ini mengisahkan perjuangan berbagi ASI. Meskipun pada awalnya ia sempat dilema. Namun wanita kelahiran 14 Oktober 1994 ini akhirnya mantap melanjutkan langkah mulia itu. 

"Jujur saya dilema sih kapan hari mau beri ASI ngga? Ntar kalau nggak cocok gimana? Dan lain lain. Jujur juga saya takut nanti tiba-tiba kekurangan ASI gimana? Menyesal dong nanti? Karena ada temen saya setelah beberapa bulan beri ASI, produksi ASI menurun jadi tambah bingung," kata Sherly, Jumat (31/7/2020). 

Kebimbangan Sherly sirna karena ia percaya jika ia berbuat baik maka Tuhan akan memberikan kelancaran. 

"Saya memutuskan memberikan ke pondok sehat karena di sana ada banyak anak-anak yang membutuhkan dan langsung bisa drop banyak nggak perlu bingung tunggu satu per satu," lanjut Sherly. 

Di balik itu semua, Sherly mengaku butuh perjuangan dan tekad keras. Apalagi ia harus memastikan agar proses pompa ASI tidak over maupun kurang. Bahkan ia rela kehilangan banyak waktu tidur. 

"Susah-susah gampang loh butuh tekad keras karena kalo berlebih juga dan jarang mompa bisa masitis. Ada temen aku sampe kena masitis terus operasi," ujarnya. 

Tapi itu semua tidak mengendorkan niatnya menjadi pejuang ASI. "Memang, terkadang ada saat jenuh dan capek ngantuk-ngantuk saat subuh," sambungnya. 

Ia menyarankan bagi ibu-ibu yang ingin menyumbangkan ASI salah satunya bisa ke Pondok Hayat Surabaya. "Kalian nanti dapat bukti ya buat penerimaan barang jadi jangan kuatir," ajaknya. 

Saat Jason lahir, Sherly Lembono langsung memberikan ASI pada buah hatinya. Semakin hari produksi ASI-nya makin bertambah. Maka, Sherly memutuskan melakukan pumping selama tiga bulan sejak Maret-Mei. 

"Jujur dulu aku waktu belom lahiran waktu ngobrol ama beberapa teman-teman bilang dijalani aja keluar ngga ASI nya karena banyak teman-teman aku yang ngga keluar ASI," kisahnya. 

Sherly mencoba menghindari stres dan berbagi tips agar ASI lancar. Apalagi ia membutuhkan perjuangan cukup berat dan mahal. 

Antara lain, moms harus meluangkan waktu setiap saat untuk memompa ASI pagi, siang, sore, malam maupun subuh. Belum lagi perjuangan bangun tengah malam dan saat puting luka lecet beset sakit tetep harus pumping. Sherly juga menyiapkan 18 dus plastik ASI untuk tiga bulan. 

"Sementara ini hasil pump aku 1500-1900ml naik turun wajar kok," urainya. 

Moms juga harus menyediakan kulkas khusus untuk ASI, membeli vitamin, makan makanan yang sehat bergizi untuk asupan gizi bayi, membeli pompa ASI dan keperluan pompa lainnya termasuk botol kaca, pijat laktasi, membeli booster asi dan susu-susu penunjang seperti almond dan susu lain. 

Sherly mengajak para ibu muda pejuang ASI untuk semangat pumping. Ia bahkan menunjukkan foto stok ASI di kulkas agar moms turut bersemangat. "Pasti ada capek jenuh boring lelah bosan nggak papa dijalani aja pokoknya jangan stres," katanya memberi semangat. 

Bagi moms yang ingin mengikuti perjuangan Sherly, ada beberapa tips khusus memperbanyak produksi ASI. Mulai memperbanyak asupan makanan bergizi, minum air putih, jangan stres, rajin pumping per-dua jam, minum vitamin atau booster ASI, dan istirahat cukup. 

"Berkat ASI yang banyak, bisa donor ASI ke panti asuhan dan beberapa orang pribadi teman atau orang nggak kenal minta ASI so bisa bantu pakai ASI-ku," kata selebgram dan influencer asal Surabaya Sherly Lembono(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com