Anak Mengidap Panic Attack? Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Home / Gaya Hidup / Anak Mengidap Panic Attack? Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?
Anak Mengidap Panic Attack? Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua? ilustrasi panic attack. (foto: shutterstock)

TIMESSUMSEL, MALANG – Peran orang tua sangat penting pada anak yang mengidap panic attack atau serangan panik. Apa saja yang bisa dilakukan orang tua?

Panic attack atau serangan panik bisa dihadapi oleh orang tua dengan memberikan pengertian bahwa serangannya tidak berbahaya.

Selain memahami, orang tua juga harus memberikan arahan tertentu. 

“Sehingga bisa membantu serangan panik secara mandiri. Karena anak - anak mampu diajari mengubah respon perasaan dan perilaku yang negatif. Jadi pola asuh yang digunakan bukan dengan memberikan pola asuh yang berlebihan namun dengan memberikan pikiran - pikiran positif. Sehingga anak sendiri akan mampu turut berfikir positif,” papar Abyz Wigaty, mentor sekolah parenting, MInggu (26/1/2020).

Apabila anak mengalami serangan panic attack, lanjutnya, maka orang tua harus tetap tenang. Namun perlu diingat orang tua tidak memberi perlawanan respon. 

“Bukan dengan ‘jangan panik jangan panik’, namun dengan memberikan arahan bagaimana cara mengatasinya (panic attack). Seperti bagaimana tarik nafas lalu menghembuskan, mengalihkan pikiran ke benda benda yang nyata dan bisa disentuh,” jelas Bunda Abyz, panggilan akrabnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com