[CEK FAKTA] Video Sebuah Mobil Tertancap Pohon

Home / Berita / [CEK FAKTA] Video Sebuah Mobil Tertancap Pohon
[CEK FAKTA] Video Sebuah Mobil Tertancap Pohon Video sebuah mobil tertancap Pohon yang berada di distrik Nantes, Perancis. (FOTO: https://www.en24.news/)

TIMESSUMSEL, JAKARTA – Sebuah video mobil tertancap di pohon, mendadak viral di media sosial dan menjadi perbincangan netizen. Banyak netizen menuliskan komentar fake dan ada juga yang bilang ini sebuah keajaiban. Mana yang benar?

CEK FAKTA

Video mobil tertancap pohon itu menggambarkan sebuah mobil berjenis sedan tertancap di sebuah pohon. Lokasinya berada di sebuah parkir mobil yang berada di luar negeri. Dalam video berdurasi 1 menit 46 detik, terlihat banyak orang yang langsung menyaksikan sembari merekam kejadian langka ini.

Menurut penelusuran Tim CEK FAKTA Times Indonesia, video ini telah bereda di YouTube sejak tanggal 19 November 2019. Video ini diunggah oleh akun FRESHMAN News, dan telah tayang 3.3 ribu kali.

Video ini diambil di kawasan distrik Nantes, Perancis. Sejumlah akun YouTube asal Perancis pun turut menggunggah video ini, diantaranya Flip TV, Vaultteam6, Special Iawra, TDA News, dan Real Days. Video ini juga banyak diunggah di twitter masyarakat Perancis.

Video ini kemudian banyak tersebar hingga Indonesia, salah satunya di grup WhatsApp dengan keterangan ajaib sebuah mobil tertancap pohon. Video ini juga diunggah oleh akun asal Indonesia yakni Makmur 471 dan HenDRY MiSTic Indonesia.

Tim CEK Fakta TIMES Indonesia menelusuri di sejumlah media Perancis, bahwa kejadian ini merupakan sebuah fake. Media Ouest-France, menyampaikan bahwa ini dilakukan oleh The Royal De Luxe, perusahaan teater lokal.

The Royal De Luxe, dikenal karena karya-karya seni jalanan yang fantastis seperti ini dan karya seni dadakan lainnya yang menentang logika. Komunitas ini sering diundang untuk mendukung proyek transformasi perkotaan di wilayah tersebut.

For several months, the troupe of street theater Nantes is regularly invited in the neighborhood, to support a project of urban transformation . In small touches, she distills her imagination and triggers the smiles of passers-by. At first there was that twisted street lamp , and then that red car , parked upright on a wall. We had then discovered Monsieur Burgundy, camping on a facade.“

"Selama beberapa bulan, rombongan teater jalanan Nantes secara teratur diundang di lingkungan tersebut, untuk mendukung proyek transformasi perkotaan . Dalam sentuhan kecil, dia menyaring imajinasinya dan memicu senyum orang yang lewat. Pada awalnya ada lampu jalan yang bengkok , dan kemudian mobil merah itu , diparkir tegak di dinding. Kami kemudian menemukan Monsieur Burgundy , berkemah di fasad," tulis media lokal Ouest-France.

KESIMPULAN

Informasi yang beredar melalui video dan keterangan tersebut masuk dalam informasi hoaks. Karena, konten ini masuk dalam jenis disinformasi konten yang dimanipulasi atau misleading.

Konten sebuah video mobil tertancap di pohon yang dimanipulasi ini adalah konten informasi atau gambar yang asli (sengaja) dimanipulasi untuk menipu pembaca atau pun warganet.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com