Kasus Positif Covid-19 di Jatim Bisa Melampaui DKI Jakarta

Home / Berita / Kasus Positif Covid-19 di Jatim Bisa Melampaui DKI Jakarta
Kasus Positif Covid-19 di Jatim Bisa Melampaui DKI Jakarta Ketua Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESSUMSEL, JAKARTA – Ketua Palang Merah Indonesi (PMI) menyebut, kasus Corona di Jawa Timur bisa saja melampaui DKI Jakarta. Per hari ini, kasus positif Covid-19 di Jatim berjumlah 8.290 kasus.

"Setiap hari ada selisih 150 kasus antara Jatim dan DKI Jakarta. Kalau cenderung begitu, dalam seminggu, maka kasus di Jatim bisa lebih tinggi daripada DKI Jakarta," kata Jusuf Kalla di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (16/6/2020).

Karena itu, JK sapaan akrabnya menilai, butuh koordinasi yang baik antara Gubernur Jatim dengan kepala daerah khususnya Wali Kota Surabaya. Mengingat kasus di Surabaya berjumlah 4.181 kasus (50 Persen lebih kasus di Jatim). Surabaya pun kini menjadi kota dengan jumlah kasus tertinggi.

"Artinya bahwa dibutuhkan upaya yang luar biasa untuk menurunkan angka Corona ini. Saya percaya Ibu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) bekerja sangat luar biasa, wali kota juga kerja, tapi evaluasi sistematik harus terkoordinasi. Tanpa koordinasi, siapa yang mencegahnya siapa yang mengobati, mestinya begitu," terang JK.

Menurut JK, Jatim termasuk wilayah yang memiliki jumlah penduduk lebih banyak dari pada DKI Jakarta. Saat ini kasus Corona di Jatim ada 8.290 dan DKI Jakarta ada 9.222. Artinya hanya ada selisih 732 kasus di antara kedua provinsi tersebut.

JK pun meminta seluruh stakeholder di Jawa Timur, khususnya di Surabaya harus bersama-sama bersatu untuk menekan sebaran kasus virus Corona.

"Karena Jatim jumlah penduduk lebih banyak, saat ini kasus Covid-19 sudah 8 ribu. Di DKI ada 9 ribu. Setiap hari ada selisih perbedaan 150 kasus yang lebih tinggi Jatim. Kalau itu dalam seminggu bergantung terus, Jatim nanti bisa lebih tinggi dari pada DKI Jakarta. Sekarang DKI cenderung stabil menurun, Jatim naik terus," kata JK. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com