Indikator
  • Undercontruction

Terbakar, Pendakian Gunung Panderman Ditutup

Home / Peristiwa - Daerah / Terbakar, Pendakian Gunung Panderman Ditutup
Terbakar, Pendakian Gunung Panderman Ditutup Area Gunung Buthak, kawasan Pegunungan Panderman Jumat (17/8/2018) terbakar dan hingga saat ini masih belum bisa dilakukan upaya pemadaman. (FOTO: Pusdalop PB BPBD Kota Batu/TIMES Indonesia)

TIMESSUMSEL, BATU – Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana (PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menutup jalur pendakian Gunung Panderman mulai Jumat (17/8/2018) malam.

Penutupan jalur pendakian ini terkait dengan peristiwa kebakaran hutan di Kawasan Gunung Panderman area Gunung Buthak yang terjadi Jumat malam dan masih berlangsung hingga Sabtu (18/8/2018).

Tim reaksi cepat penanggulangan bencana sudah berada di Pos Pendakian Gunung Panderman untuk melakukan koordinasi dan pengumpulan informasi.

“Dari hasil kordinasi Sabtu dini hari, 18 Agustus 2108  pukul 00.05 WIB yang bertempat di Pos Pendakian Gunung Panderman bersama pihak Perhutani, BPBD Kota Batu dan LMDH diputuskan bahwa pemadaman akan dilakukan besok pagi , mengingat lokasi kebakaran hutan cukup jauh,” ujar Kepala BPBD Kota Batu, Sasmito.

Ia melanjutkan penutupan jalur pendakian ke Gunung Panderman terhitung sejak Jumat malam sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Pihak BPBD Kota Batu belum bisa memastikan luasan lokasi hutan yang terbakar, namun kawasan yang terbakar ini adalah kawasan hutan pinus.

Selain kondisi hutan kering karena sudah lama tidak turun hujan, angin kencang dipegunungan membuat api cepat merembet. (*)

Berita Terkait

Komentar